Jumat, 16 April 2010

S t y l E......stYle...






Ragam gaya dan tampilan rumah sebenarnya banyak macam dan rupa yang dapat dihasilkan/ditimbulkan oleh seorang arsitek. Tergantung bagaimana konsep design yang diinginkan bahkan dihasilkan.

Secara umum orang akan mengikuti 'style' dari 'trend' yang ada pada masanya. Banyak 'style' yang dihasilkan atau ditimbulkan oleh si Arsitek sehingga menjadi 'trend' bahkan menjadi 'icon' pada masanya karena diikuti oleh kebanyakan 'tampang' rumah.

Kalau sebelumnya ada 'style' : 'spanyol-an', 'mediteranian', 'kolonial', 'jengki', 'country'.....sampai yang terakhir 'minimalis'........sehingga macam ragam gaya tampang rumah/bangunan dapat dilihat/diamati berdasarkan tampangnya, sehingga dapat dilihat dan diduga pada masa apa 'style' tersebut berlangsung.

Sebenarnya seorang 'arsitek' akan terpengaruh besar pada 'style' apa yang ada pada masanya.....karena takut tidak diakui hasil karyanya tidak mengikuti 'trend', bahkan sampai tidak laku karena 'style'nya dapat dikatakan ketinggalan pada masanya....

Disinilah sulitnya si arsitek untuk mengeluarkan 'tampang' suatu bangunan karena ragam 'style' dan batasan2 'style' yang ada, terutama bila si klien/pemilik bangunan menghendaki suatu 'style' yang 'rumit' sesuai dengan keinginannya....Tantangan untuk hasil suatu gaya bangunan sebenarnya suatu masalah yang mudah, bila si Arsitek dapat menterjemahkan keinginan si klien dengan didukung oleh teori- teori ke- arsitektur-an..

Apa saja teori 'arsitektur' yang dapat mendukung suatu 'style' yang baik, baik dalam arti mengikuti 'trend' yang ada, atau bahkan menciptakan 'style' yang khusus?
  • Bentuk dasar dan dasar bentuk massa bangunan
  • Fungsi kebutuhan ruang dalam bangunan.
  • Pola sirkulasi ruang dalam bangunan
  • Bentuk ruang, tampak, detail2 arsitektur bangunan
  • Pola susunan warna yang dihasilkan/digunakan
  • Teknis struktur dan konstruksi yang mendukung.
Dari beberapa teori2 tersebut, maka tampang, dan gaya 'style' suatu bangunan akan timbul/ tampak dengan sendirinya, tinggal bagaimana si Arsitek mampu mengeluarkan dan mem'bungkus'nya menjadi suatu kemasan yang cantik,manis dan enak dilihat menjadi suatu 'style' bangunan yang diinginkan baik oleh si Arsitek maupun pengguna/klien bangunan tersebut........GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar